Viral Paru-paru Hitam Kebiasaan Merokok Selama 30 Tahun

Jakarta – Sebuah video viral yang beredar di dunia maya memperlihatkan paru-paru seorang perokok menghitam. Video ini direkam oleh ahli bedah di Wuxi People’s Hospital di Jiangsu, China dan viral setelah ditonton 25 juta kali di media sosial.

Video ini mengejutkan menunjukkan paru-paru menghitam dari seorang perokok yang sudah memiliki kebiasaan merokok selama 30 tahun lamanya Residu dari tembakau rokok menyumbat paru-paru itu sehingga warnanya tak lagi merah muda.

Prof Peter Openshaw dari Institut Jantung dan Paru Nasional di China mengatakan bahwa pria tersebut mengalami emfisema paru-paru. Ini mengakibatkan terjadinya peradangan sehingga membuatnya sesak napas.

Dalam unggahan video, dr Chen menuliskan tagar ‘jieyan’ yang artinya ‘berhenti merokok. “Lihatlah paru-paru ini, apakah kamu masih berani merokok?” tulisnya.

“Ini termasuk paru-paru di bawah 60 tahun pada pasien yang baru saja dinyatakan meninggal secara medis; infeksi ringan di paru-paru dan rontgen dada yang relatif bersih juga dapat diterima,” sambung dia.

“Jika kondisi di atas terpenuhi, kami akan mempertimbangkan transplantasi paru-paru,” papar dokter Chen.

Tim medis pun memutuskan untuk menolak paru-paru pria tersebut untuk transplantasi. Hal ini menjadi pengingat bagi para perokok untuk bertindak cepat berhenti merokok sebelum paru-parunya menjadi hitam seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *