Deputi V Kantor Staf Presiden dan KKP dukung Program Pembenihan Teripang yang digagas GAMKI Bersama Pemerintah Kota Tual

Jakarta – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Kota Tual melakukan pertemuan bersama Deputi V Kantor Staf Presiden yang berlangsung di hari Jumat, 9 Agustus 2019 bertempat di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden.

Rombongan GAMKI Kota Tual diwakili oleh Adrian Kolyaan selaku Ketua DPC bersama pengurusnya, Pitjon Tomatala, Novi Watyanan, Jhoni Rahakbauw dan didampingi President & Founder Indonesian Youth Updates, Ruben Frangky D. Oratmangun. Mereka diterima langsung oleh Deputi V Kantor Staf Presiden yang diwakili oleh Dr. Theo Litay dan Dr. Alan Koorpitan selaku Tenaga Ahli Deputi V, Kantor Staf Presiden.

Pertemuan tersebut membahas tentang usulan program Budidaya Teripang (Holothuria Scabra) di Kota Tual dalam mendukung Rencana Aksi nasional Konservasi Teripang Tahun 2016-2020 dan Program Nasional Kampung Teripang.

Wakil Ketua Bidang OKK, Pijont Tomatala dalam paparannya menyampaikan bahwa Program Pembenihan dan Pembudidayaan Teripang di Kota Tual dilakukan dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pesisir.

Tomatala mengatakan bahwa Indonesia memiliki keragaman teripang yang cukup tinggi dan Teripang ini merupakan salah satu sumberdaya hayati laut ekonomis penting dan mempunyai peluang pasar sangat baik. “Sehingga Program Pembudidayaan teripang bertujuan untuk melestarikan teripang apalagi konservasi yang kita lakukan berbasis kearifan lokal yaitu melalui budaya SASI” ungkapnya

Tomatala menambahkan bahwa GAMKI Kota Tual telah bertemu langsung dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr. Nilanto Perbowo dan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Bapak Slamet Soebagjo dan hasilnya Kementerian Kelautan dan Perikanan mendukung penuh program yang digagas GAMKI Kota Tual sehingga setelah kawan-kawan kembali ke daerah segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tual agar Proposal disiapkan untuk nanti disampaikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan. KKP akan membantu memfasilitasi program dan inovasi kawan-kawan bersama Pemerintah Kota Tual.

Dalam Kesempatan yang sama pula, Ketua GAMKI Kota Tual, Adrian Kolyaan menyampaikan beberapa point penting yang perlu mendapat perhatian dan dukungan penuh Kantor Staf Presiden yaitu Pemerintah Pusat perlu meninjau kembali Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang terkait dengan pembagian urusan Bidang Kelautan dan Perikanan khusus Sub Urusan Perikanan Tangkap, penerbitan izin usaha perikanan tangkap untuk Kapal-kapal ukuran 5-30 GT, serta Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan khusus untuk pengawasan kapal-kapal yang beroperasi di WPP itu urusan kewenangan dialihkan kembali ke Kabupaten/Kota agar mempermudah Kabupaten/Kota dalam meningkatkan fungsi pengelolaan dan pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan.

Selain itu pula Kolyaan yang juga Tokoh Pemuda Taar ini mengharapkan agar Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara mendapat perhatian serius Pemerintah Pusat untuk Pengembangan Pariwisata. Sebab kedua daerah ini memiliki potensi Wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan perekonomian di kedua daerah tersebut. Dirinya berhaharap agar di Tahun 2020 Kota Tual dan Maluku Tenggara sudah bisa masuk sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Tenaga Ahli Deputi V Kantor Staf Presiden, Dr. Alan Koorpitan sangat menyambut baik kehadiran GAMKI Kota Tual dan Maluku Tenggara. Ini adalah pertemuan pertama kali untuk kawan-kawan dari Maluku, selama ini kami menerima selalu dari perwakilan Papua sehingga saya sangat bersyukur dan mengapresiasi kehadiran kawan-kawan hari ini dalam rangka menyampaikan pokok-pokok pikiran Daerah yang perlu disupport oleh Deputi V Kantor Staf Presiden.

Menyangkut beberapa hal penting yang sudah kawan-kawan GAMKI sampaikan kami sangat mendukung dan akan kami tindak lanjuti ke Kementerian/Lembaga terkait seperti Kementerian Bappenas dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI agar program sebagus ini bisa terfasilitasi dalam perencanaan dan penganggaran.

Turut hadir dalam pertemuan ini pula Dr. Theofransus Litaay yang juga Tenaga Ahli Deputi V Kantor Staf Presiden. Litaay mengharapkan agar kawan-kawan GAMKI Kota Tual terus membangun koordinasi, kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah Kota Tual agar sinergitas program-program pemuda dengan pemerintah tetap terjalin dengan baik.

“Perlu dikawal semuanya pembangunan di Kota Tual untuk kesejahteraan Rakyat Kota Tual” harapnya.