Kenali 3 J, Cara Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

Kabar Indonesia News – Jakarta, Banyak yang beranggapan bahwa pengidap diabetes tidak bisa mengonsumsi makanan enak. Padahal menurut Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W pengidap diabetes tetap bisa makan enak asalkan ia mengatur pola makan dengan menerapkan 3J atau Jumlah, Jenis, dan Jadwal. 

Untuk jumlah, lanjutnya, pengidap diabetes harus makan dengan porsi sesuai tinggi badan, berat badan, jenis aktivitas, dan umur. Jumlah kalori pun perlu dihitung berdasarkan panduan kebutuhan kalori harian.

“Dalam keadaan indeks masa tubuh normal, kebutuhan kalori harian adalah 1700 – 2100 KKal per hari, artinya angka tersebut dibagi menjadi 3 kali makan besar dan snack di antara jam makan besar,” jelas dr. Ervina dalam keterangan tertulis, Kamis (7/2/2019). 

Sementara untuk jenis, dr. Ervina menyarankan untuk menerapkan aturan Rule of Thumb sebagai aturan pola makan bagi pengidap diabetes dalam sekali makan. Aturan ini mencakup setengah bagian serat, yaitu sayuran dan buah, seperempat bagian karbohidrat dengan nilai indeks glikemik rendah seperti nasi merah atau gandum utuh, dan seperempat bagian lauk seperti daging, ikan, tempe, tahu, maupun putih telur.

“Pengaturan makan tersebut bermanfaat dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari sembari membantu mengontrol kadar gula darah,” paparnya.

Sementara jadwal makan, sambung dr. Ervina, tetap mencakup makan pagi, makan siang, makan malam, dan makanan selingan atau snack di antara jam makan besar. Pengidap diabetes dapat membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dengan frekuensi lebih sering, misalnya 5-6 kali per hari yang dianggap lebih efektif untuk menjaga gula darah dalam batas normal.

“Dengan membagi waktu makan menjadi porsi kecil tetapi sering, karbohidrat dicerna dan diserap secara lebih lambat dan stabil. Kenaikan gula darah dan kebutuhan insulin pun menjadi lebih rendah sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lebih baik. Energi pun terjaga lebih lama,” kata dr. Ervina.

Selain menerapkan pola 3J, dr. Ervina menyarankan pengidap diabetes untuk rutin mengonsumsi Diabetasol dengan kandungan vitadigest pro dan indeks glikemik rendah. Diabetasol merupakan meal replacement yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti makan pagi dan snack malam dengan nutrisi lengkap. Setiap porsinya pun mampu mencukupi kebutuhan kalori 260 kkal.

*Sumber Detik.com